Bukan di Sumbawa, Sate Kuda Bisa Bikin Kaum Adam Ketagihan Ada di Jombang

- Kamis, 26 Januari 2023 | 09:08 WIB
Papanama warung Mayar Perak, Jombang. Penyedia sate kuda  (Hariyanto)
Papanama warung Mayar Perak, Jombang. Penyedia sate kuda (Hariyanto)

JombangNetwork.com - Membahas kuliner di Kota Santri Jombang, Jawa Timur, memang tidak ada habisnya. Namun kuliner yang satu bukanlah kuliner yang biasa di jumpai atau di konsumsi kebanyakan orang.

Kuliner ini adalah sate kuda selain dagingnya sangat lezat juga bisa mengobati gatal-gatal, pegal linu, sesak nafas, lemah syahwat dan yang paling disukai oleh para pria yakni diyakini bisa menambah stamina kejantan pria.

Memang, sate kuda hampir sama dengan sate kambing atau sate ayam pada umumnya, namun tekstur daging kuda lebih kesat dan tidak banyak memiliki kandungan lemak, hal itu dikarenakan kuda merupakan hewan ternak yang lebih banyak aktivitas daripada hewan lainnya.

Kembali lagi ke pembahasan sate kuda yang berada di Kabupaten Jombang ini, ternyata bisa dibeli atau didapat di warung Mayar yang berada di pinggir jalan nasional beralamat di Dusun Ngemplak, Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Warung Mayar penyedia sate kuda ini, dikelola oleh Wisnu yang mana pada tahun 1997 sudah digeluti dari generasi sebelumnya.

"Sate kuda ini didatangkan dari Sumbawa NTT disembelih di Kediri terus dagingnya kita ambil," terangnya.

Untuk memasaknya biar tidak alot, dirinya dibantu oleh pegawai, sebelum dipanggang diiris kotak kotak layaknya seperti dadu dan direndam air nanas fungsinya biar daging tidak alot.

Sedangkan bumbu atau sambalnya seperti bumbu sate pada umumnya, hanya saja ada tambahan resep tersendiri sehingga rasa dan tekstur daging kuda sangat lezat dinikmati.

"Dipotong-potong kemudian ditusuk ke bambu yang seperti lidi, satu porsi 35 sampai 50 tergantung permintaan berapa tusuk kalau tambah gulai harganya beda lagi," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Hariyanto.

Tags

Terkini

X